- PENDAHULUAN
Pondok
pesantren secara institusional memiliki potensi yang sangat luar biasa, baik
dalam lingkungannya sendiri, maupun untuk lingkungan sekitarnya. Beberapa potensi
yang dimilikinya antara lain: pertama, sebagai lembaga pendidikan, pondok
pesantren ikut bertanggungjawab terhadap proses pencerdasan bangsa secara
keseluruhan. Dari titik pandang ini, Pondok Pesantren berangkat secara
kelembagaan maupun inspiratif, memilih model yang dirasakan mendukung secara
penuh tujuan dan hakekat pendidikan manusia itu sendiri, yaitu membentuk mu’min
yang sejati punya kualitas moral dan intelaktual.
Kedua, sebagai lembaga amar ma’ruf nahi munkar
pondok pesantren mempunyai tugas yang cukup serius, bukan hanya dalam tafaqqohu
fiddin saja namun secara partisipatif menjadi lembaga dakwah.
Ketiga, sebagai lembaga untuk mengembangkan
masyarakat betpa besar potensi pondok pesantren dalam mengembangkan masyarakat
dalam berbagai hal baik yang berkaitan dengan sosial, budaya, politik, agama
dan etika. Memang
mengoptimalkan semua potensi, pondok pesantren dihadapkan pada tuntutan yang
tidak ringan, hal ini terkait dengan konsisi pondok pesantren itu sendiri.
Berangkat dari sistematika, problematika,
era globalisasi, krisis moral dan kepercayaan dewasa ini, pondok pesantren yang
merupakan pusat peradaban islam setelah masjid tentunya tidak hanya dituntut
untuk mencetak kader yang militant dalam ilmu agama, namun pondok pesantren
juga dituntut untuk mencerdaskan anak bangsa dengan penguasaan disiplin ilmu.
Sehingga dengan demikian produk-produk pondok pesantren dapat terjun di
masyarakat dan lingkungan dengan tidak canggung karena dibekali kecakapan hidup
(life skill) serta dapat menyebarkan berbagai disiplin ilmu yang ia
dapat ketika di pondok pesantren. Pondok pesantren merupakan pusat perubahan
bukan hanya dalam bidang pendidikan, melainkan juga dalam kehidupan sosial,
budaya dan keagamaan, setidak-tidaknya untuk lingkungan masyarakatnya. Hal yang
sama terjadi pondok pesantren yang bernaung pada Yayasan Pondok Pesantren Darul
Abror dengan berbagai unit-unit pendidikannya sebagaimana tertera pada profil
pondok pesantren Darul Abror.
- Nama Lembaga : Pondok Pesantren Darul Abror
- Nomor Statistik : 412330302006
- Nama Yayasan : Pondok Pesantren Darul Abror
- Nomor Statistik : 51.2.33.03.20.007
- Nomor SK Pendirian : SK MENTERI HUKUM DAN HAM RI TGL 18-2-2008 NOMOR: AHU-600.AH.01.02 TAHUN 2008
- Alamat : Kedungjati Rt 01/07 Kec Bukateja, Kab Purbalingga Prop Jawa Tengah
- Nomor Telephon : 0286 476167 Hp 08122727912
- E-mail : yppppdakedungjati@gmail.com
STRUKTUR PENGURUS YAYASAN PONDOK PESANTREN DARUL ABROR
1.
Yayasan
Dewan Penasehat : KH. Abdulah Syakur
KH. Habib Ali Al Qutban
Pembina :
Sulaemy
Ketua : KH. Abror Mushodiq
Sekretaris :
Muhammad Tufatussolikh
Bendahara :
Taufik, S.Pd.
Pengawas :
Mustolih
2.
Pondok Pesantren Darul Abror
Pengasuh :
KH. Abror Mushodiq
Kepala Pusat : Gus Muhamad Nurul Banan
Kepala Pusat : Gus Muhamad Nurul Banan
Kepala Pondok : Aris Munandar
Wakil Kepala :
Miftahul Udin
Sekretaris :
Kherul Anwar
Bendahara :
Miftahudin
Bagian Pendidikan : Irham Syaifudin
Bagian Keamanan : Arifin Salam
Bagian Kebersihan : Makmur
Bagian Humas :
Fajar Sumantri
Seksi Pemegang Keuangan jajan : Syamsul Imam
KEGIATAN PONDOK PESANTREN
Sebagai Umumnya Yayasan Pontren Darul Abror Mempunyai cirri khas yaitu:
mempelajari, mengkaji dan mendalami kitab-kitab kuning, di samping itu Yayasan Pondok
pesantren Darul Abror juga menyelenggarakan pendidikan formal yang mengacu pada
kurikulum Kementrian Agama RI.
1. Pendidikan yang di
selenggarakan Yayasan Pondok Pesantren Darul Abror
a. Taman Kanak-kanak Darul
Abror
b. MI Darul Abror
c. MTs Darul Abror
d. Mad Din Al Amiriyah
Sifir
e. Mad Din Al Amiriyah Ula
f. Mad Din Al Amiriyah Ulya
g. Wajar Dik Das sembilan
tahun ( paket B )
2. Pendidikan Non Formal
a. Pengajian sorogan
b. Pengajian bandungan
c. Pengajian selasaan (setiap
Selasa)
d. Pengajian alumni (setiap
Jum`at Kliwon)
e. Pembacaan Mauled Nabi (setiap
Malam Jum`at)
f. Selain membekali santri ilmu agama Yayasan Pontren Darul Abror juga
membekali Santrinya ketrampilan yang berguna ketika kelak terjun di masyarakat
di antaranya; pertukangan, pertanian, perikanan, perkoprasian, menjahit,
komputer, rebana.
3. Pemberdayaan
Pemberdayaan Ekonomi yang di lakukan Yayasan
Pontren Darul Abror
a. Kopontren Ausath
berbadan hukum No : 12962/BH/KWK.II/I/1997
b.
Bengkel
c.
Kantin
d.
Pertanian
4. Kegiatan lain
a.
Mengadakan Haflah Tasyakur Lil Ikhtitam setiap tanggal 7 Sya`ban
b.
Mengadakan Ziaroh Wali Songo dan Para Masyayih
c.
Forum kajian kitab kuning
d. Latihan seni baca Al Qur`an
Tidak ada komentar:
Posting Komentar